CONTOH
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P )
BERBASIS KARAKTER
Status Pendidikan : MI....
Kelas / Semester
: V / 2 (Genap)
Mata pelajaran : Aqidah Akhlak
Jumlah Pertemuan
: 1 kali pertemuan
Alokasi Waktu :
2 jam pelajaran ( 2 x 45 menit)
A. Standar kompetensi
: 5.
Memahami arti hadits tentang cirri
orang munafiq
B. Kompetensi Dasar : 5.1 Menerjemahkan
hadits tentang cirri orang munafiq
5.2 Menjelaskan isi kandungan hadits tentang
cirri orang munafiq
C. Indikator
1.
Membaca hadits tentang cirri orang munafiq
2.
Menerjemahkan arti hadits tentang cirri orang munafiq
3.
Menjelaskan isi kandungan hadits tentang cirri orang
munafiq
D.
Tujuan
Pembelajaran :
1.
Setelah menyimak,
siswa dapat membaca hadits
tentang cirri orang munafiq dengan lancar dan benar
2.
Siswa sapat menerjemahkan arti hadits tentang
cirri orang munafiq dengan benar
3.
Melalui kegiatan
diskusi siswa dapat menjelaskan
isi kandungan hadits tentang ciri orang munafiq dengan benar
E.
Karakter yang
diharapkan : Religius, Gemar membaca, Rasa
ingin tahu, Kerjasama, Demokratis, Menghargai prestasi, Kerjakeras
Disiplin
F.
Materi Ajar :
Hadits tentang cirri
orang munafiq
G. Metode :
·
Ceramah
·
Tanya Jawab
·
Diskusi
kelompok
·
Inkuiri
·
Pengamatan
H. Langkah-langkah pembelajaran :
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi
:
o Memberikan salam pembuka
o
Berdoa bersama
o
Menanyakan
kepada siswa tentang cirri
orang munafiq dalam realitas
o
Memotivasi
siswa untuk mengenal ciri orang munafiq.
2.
Kegiatan inti
-
Eksplorasi
o Tanya jawab awal tentang cirri orang munafiq.
o Siswa membaca hadits tentang ciri orang munafiq
o Siswa
membaca terjemahan hadits tentang cirri orang munafiq
o Siswa
mendiskusikan dalam kelompok tentang kandungan hadits tentang cirri orang
munafiq .
-
Elaborasi
o Secara
bergantian (sampel 5 orang) siswa membaca hadits tentang cirri orang munafiq
o Siswa mempresentasi hasil diskusi kelompok
tentang isi kandungan
hadits gtentang cirri orang n munafiq
o Siswa menanggapi hasil presentasi kelompok
-
Konfirmasi
o Menyempurnakan hasil diskusi kelompok yang masih belum benar
dengan menerima masukan dari kelompok lain dan guru
o Penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang sudah benar
melalui umpan balik dari guru
|
10
65
|
3.
Kegiatan penutup.
|
15
|
I.
Sumber Belajar :
· Buku paket Al Qur’an Hadits MI Kls V
· LKS AL Qur’an Hadits
· Dll
J.
Penilaian :
Teknik
Penilaian : 1. Tes untuk mengukur hasil belajar
2. Non-tes
yaitu melalui pengamatan terhadap perilaku belajar
Siswa selama
pembelajaran
Bentuk
Instrumen : 1. Tes-tertulis, Uraian
2. lembar pengamatan
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
BOBOT
|
Ø Membaca hadits tentang ciri orang munafiq
|
Tes lisan
|
Uraian
|
Ø Bacalah hadits tentang ciri orang munafiq dengan benar
!
|
2
|
Ø Menerjemahkan hadits tentang ciri orang munafiq
|
Tes lisan/Tertulis
|
Uraian
|
Ø Bagaimana terjemahan hadits tenga ciri orang munafiq?
|
2
|
Ø Menjelaskan isi kandungan hadits tentang ciri orang
munafiq
|
Tes lisan/Tertulis
|
Uraian
|
Ø Jelaskan isi kandungan hadits tentang ciri orang
munafiq!
|
3
|
Ø Menunjukkan contoh ciri orang munafiq
|
Tes lisan/Tertulis
|
quis
|
Ø Sebutkan contoh orang yang menufiq!
|
3
|
0 komentar:
Posting Komentar
YUK PADA KOMENTAR